Babak Baru Hubungan RRT-RI


Sumber:
http://cetak.kompas.com/read/2011/04/28/02493789/babak.baru..hubungan.rrt-ri

Zhang Qiyue

Beberapa hari lagi, atas undangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Perdana Menteri Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok Wen Jiabao akan mengadakan kunjungan resmi ke Indonesia.

Ini merupakan kunjungan resmi pertama kali oleh PM Wen Jiabao ke Indonesia sejak beliau menjabat perdana menteri dan juga merupakan kunjungan pertama kali Perdana Menteri Tiongkok ke Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Menurut rencana, PM Wen Jiabao akan menghadiri serangkaian pertemuan pemimpin yang diselenggarakan pada akhir tahun ini di Bali, antara lain 10+1 (ASEAN+Tiongkok), 10+3 (ASEAN+Tiongkok, Jepang, Korea Selatan), dan East Asia Summit (EAS).

Meskipun demikian, PM Wen Jiabao tetap meluangkan waktu mengunjungi Jakarta. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Tiongkok dan PM Wen Jiabao sendiri sangat mementingkan hubungan Tiongkok-Indonesia yang telah berkembang dengan pesat dan mencerminkan betapa penting hubungan kemitraan strategis Tiongkok-Indonesia.

Sebagaimana telah berkali-kali digarisbawahi pemimpin kedua negara, hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia tidak hanya sangat penting bagi kedua negara, tetapi juga berkaitan dengan perdamaian, kestabilan, dan perkembangan baik di kawasan ini maupun di seluruh dunia.

Memainkan peran penting

Sebagai dua negara utama yang sedang berkembang di Asia, Tiongkok dan Indonesia telah memainkan peran penting untuk menjaga perdamaian dan kestabilan di kawasan ini. Tiongkok mendukung proses integrasi ASEAN, mendukung ASEAN memainkan peran kunci dalam kerja sama regional, dan mendukung usaha-usaha Indonesia yang mengetuai ASEAN tahun ini. Tiongkok dan Indonesia mempunyai pendapat yang sama atau dekat serta telah mengadakan komunikasi dan koordinasi yang erat dalam isu-isu di bidang G-20, perkembangan, perubahan iklim, keamanan pangan dan energi, dan penanganan tantangan keamanan nontradisional.

Pada saat ini hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia berkembang dengan pesat dan sehat seiring dengan Perjanjian Dagang Bebas ASEAN-Tiongkok (ACFTA) yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara menikmati perkembangan yang sangat pesat.

Pada akhir 2010 volume perdagangan bilateral telah melampaui 40 miliar dollar AS, tingkat pertumbuhannya lebih dari 50 persen. Lebih dari 1.000 perusahaan Tiongkok telah berinvestasi dan berbisnis di Indonesia. Mereka telah menciptakan banyak peluang kerja dan memajukan pembangunan infrastruktur setempat.

Tak lama sebelumnya PT Huawei Technologies dari Tiongkok telah menanam modal senilai 1 juta dollar AS dan bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung mendirikan sebuah pusat pelatihan yang membina ahli teknologi muda untuk Indonesia. Mulai tahun ini PT Sany Heavy Industry Co Ltd, perusahaan mesin besar dari Tiongkok, akan membangun pabrik di Jawa Barat. Nilai investasinya mencapai 200 juta dollar AS. Tiongkok selalu memegang prinsip yang saling menguntungkan dalam kerja sama ekonomi dan perdagangan di antara kedua pihak dan tidak bertujuan mencari surplus perdagangan.

Tiongkok mendukung pembangunan ekonomi Indonesia dan membantu meningkatkan daya saing perusahaan Indonesia dengan memperluas investasi, membantu pembangunan infrastruktur, serta mengadakan kerja sama perusahaan menengah dan kecil.

Delegasi pengusaha besar

Pada triwulan pertama tahun ini volume perdagangan Tiongkok-Indonesia telah melampaui 12,5 miliar dollar AS, bertumbuh 40 persen dibandingkan dengan masa yang sama tahun lalu. Dengan tingkat pertumbuhan ini, dapat saya antisipasi bahwa volume perdagangan bilateral tahun ini akan melampaui 50 miliar dollar AS.

Dengan latar belakang perkembangan hubungan dan kerja sama Tiongkok-Indonesia tersebut, PM Wen Jiabao mengunjungi Indonesia dan membawa sebuah delegasi pengusaha yang besar.

PM Wen Jiabao dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak hanya akan mengadakan pertemuan bilateral, tetapi juga akan bersama-sama menghadiri Dialog Bisnis Strategis Tiongkok-Indonesia serta mengedepankan tujuan dan titik berat yang baru, yaitu mengembangkan kerja sama ekonomi dan perdagangan di antara kedua negara.

Selain itu, PM Wen Jiabao akan menyampaikan pidato menguraikan kebijakan luar negeri Tiongkok dan pendirian Tiongkok mengenai situasi regional dan internasional. Kedua negara akan menandatangani serangkaian dokumen kerja sama di bidang politik, ekonomi, pendidikan, dan iptek.

Persahabatan dan pertukaran kebudayaan di antara rakyat kedua bangsa telah bersejarah sangat lama. Selama kunjungannya PM Wen Jiabao akan menyempatkan diri menerima tim medis Indonesia yang pernah bertugas di daerah bencana gempa bumi di Wenchuan, Provinsi Sichuan, Tiongkok, tahun 2008, serta sekali lagi menyampaikan terima kasih dan salam dari pemerintah dan rakyat Tiongkok kepada mereka.

PM Wen Jiabao juga akan mengunjungi universitas dan berkomunikasi dengan para mahasiswa serta mendengarkan masukan mereka mengenai perkembangan persahabatan bilateral.

Kunjungan PM Wen Jiabao adalah peristiwa yang sangat penting dan menggembirakan dalam hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia. Saya yakin kunjungan ini pasti akan lebih lanjut memajukan kerja sama bilateral. Tahun ini PM Wen Jiabao akan dua kali mengunjungi Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Tiongkok ingin bersahabat, bermitra, dan bertetangga baik dengan Indonesia untuk selama-lamanya.

Sebagaimana dikatakan PM Wen Jiabao sewaktu bertemu dengan tamu Indonesia, beberapa hari lalu di Beijing, Tiongkok akan bekerja sama dengan Indonesia meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran masyarakat kedua negara. Sebagai dua negara yang berpenduduk besar di Asia, Tiongkok dan Indonesia sama-sama berkewajiban dan bermisi membangun Asia yang damai, berkembang, dan harmonis. Marilah kita berusaha bersama!

Zhang Qiyue Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: