PENGAKUAN IMAN RASULI (Pembahasan bagian 9)


Sumber:
http://www.sarapanpagi.org/pengajaran-pengakuan-iman-rasuli-vt96.html

Bagian 9 : “Gereja Katolik yang kudus [versi Katolik] ; Gereja yang kudus dan am [versi Protestan]”

Hekekat Gereja

Secara etimologi, gereja berasal dari istilah Yunani “εκκλησια – ekklêsia” = mereka yang dipanggil keluar. Jadi bicara tentang konsep gereja dalam masa PB dilihat sebagai kumpulan atau jemaat yang terpilih, yaitu mereka yang dipanggil oleh Allah untuk keluar dari dunia, keluar dari dosa dan masuk ke dalam wilayah anugerah Allah. Gereja dalam pengertian demikian bisa dipisahkan dua pengertian : Gereja yang kelihatan, terdiri dari orang-orang yang telah mengakui iman percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat; dibaptis; dan terdaftar sebagai anggota suatu lembaga gereja. Sayangnya, gereja yang kelihatan tersebut tidak semuanya murni. Tuhan Yesus pernah berkata, ada lalang yang tumbuh diantara gandum. Melalui proses hidup akan terseleksi, Kristen yang murni dan yang palsu.

Hanya Allah yang sanggup melihat hati manusia. Maka ada pengertian gereja yang lain : gereja yang tidak kelihatan, yaitu orang-orang yang sungguh menanggapi dan menjawab dalam iman dari panggilan Allah untuk mendapat bagian dalam karya keselamatan Kristus. Pengertian gereja yang demikianlah yang sebenarnya, ketika mereka membuktikan iman percaya mereka melalui kesaksian yang nyata sebagai pengikut Kristus, persekutuan orang-orang yang percaya pada Kristus.

Gereja yang Kudus

Persekutuan orang-orang yang percaya tersebut adalah kudus karena dikuduskan oleh Allah sendiri. Roh Kudus sebagai pribadi ketiga Allah Tritunggal mendiami gerejaNya, dalam berkarya, menuntun, membimbing pada kesaksian yang sesuai dengan kehendak Allah.

Gereja adalah Kudus karena kepala gereja adalah Kristus sendiri dan sebagai tubuh Kristus, gereja menjalankan kesaksiannya di dunia ini. Jadi gereja yang hidup dan kudus adalah gereja yang melayani dunia, menggarami dunia, menerangi dunia, agar dunia tahu bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia.

Gereja yang Am/ Katolik (= Universal, umum)

Gereja adalah yang Am/ Katolik (artinya universal) dalam arti keanggotaannya mencakup semua orang-orang percaya pada Yesus dari berbagai macam suku bangsa di seluruh permukaan bumi ini. Berarti gereja adalah satu. Sekalipun terdiri dari berbagai macam denominasi dan aliran, asalkan mereka percaya pada esensi iman Kristen yang dilandaskan pada keselamatan Kristus dan Alkitab sebagai firman Allah satu-satunya. Orang-orang pilihan tersebut disatukan oleh satu Tuhan, satu iman dan satu baptisan.

Gereja adalah apostolik dalam arti pengajaran para rasul yang adalah Firman Tuhan yang kudus merupakan dasar dari gereja. Artinya, gereja harus dikelola dengan otoritas dari pengajaran para rasul Tuhan Yesus.

Jadi gereja bukan merupakan organisasi, tapi suatu organisme yang hidup. Maka merupakan tugas dan kehormatan bagi setiap orang Kristen untuk dipersatukan dalam gereja Kristus. Mereka menjalankan tugas dan peranan sesuai talenta yang Tuhan berikan. Hal ini merupakan tanggung jawab yang penting dan tidak boleh diabaikan bagi gerejaNya. Persekutuan bersama saudara seiman dalam ibadah bersama, bekerjasama dan saling melayani sesama tubuh Kristus, aktif terjun sebagai saksi dalam misi gereja, serta rela tunduk dalam proses penggembalaan gereja dimana Kristus sebagai Gembala AgungNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: